Hal Yang Wajib Diperhatikan Sebelum Serah Terima Mobil

Proses serah terima mobil merupakan salah satu momen yang menegangkan sekaligus menyenangkan. Bagaimana tidak, sebuah impian serasa tercapai dari hasil kerja keras yang sudah dilakukan. Akan tetapi, pada proses serah terima unit ini pastikan Anda ada di tempat atau jika Anda sedang memiliki keperluan, Anda bisa meminta orang kepercayaan untuk mewakilkan.

Supaya nantinya jika terjadi hal yang tidak menyenangkan dari kondisi kendaraan, Anda bisa segera mengajukan complain. Berikut bagian penting yang wajib Anda periksa terlebih dahulu sebelum serah terima kunci.

1. Cek Kondisi Bodi dan Eksterior

Hal yang paling pertama Anda lakukan ketika serah terima mobil adalah mengecek kondisi bodi dan eksterior mobil. Perhatikan baik-baik apakah terdapat goresan atau tidak pada bodi mobil. Walaupun terdapat goresan kecil saja, ada baiknya Anda mengajukan komplain atau tukar dengan unit lain. Selain bodi mobil, periksalah karet-karet pada bagian kaca dan juga bagian atap. Pastikan segala sudut mobil sudah Anda lihat sebelum serah terima kunci, hal ini berguna jika terjadi kerusakan sekecil pun Anda berhak mengajukan complain terhadap pihak dealer.

2. Ada Baiknya Meminta Mobil Untuk Dikirim Pada Siang Hari

Ketika Anda sudah membuat kesepakatan untuk membeli mobil, pihak dealer nantinya akan mengkonfirmasi untuk waktu pengiriman unit yang sudah Anda beli. Ada baiknya, Anda meminta unit dikirimkan kepada alamat di siang hari. Karena, jika di malam hari kemungkinan Anda akan melewatkan adanya goresan kecil yang tidak terlihat. Jika Anda menerima mobil di siang hari, Anda tentu bisa melihat jelas kondisi bodi mobil ataupun eksterior di dalamnya.

3. Periksa Kabin

Setelah mengecek bagian luar, maka selnajutnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan pengecekan ke ruang kabin. Pada umumnya mobil baru di beberapa bagian kabin masih diberi lapisan plastic pelindung. Hal ini guna menandakan bahwa unit yang dikirim benar-benar masih baru. Terdapat tips yang perlu Anda lakukan, jika nantinya Andalah yang menerima serah kunci yaitu meminta pihak dealer untuk membuka lapisan plastik. Setelah meminta untuk dibukakan, Anda bisa mendokumentasikan lewat video. Hal ini dilakukan karena jika nantinya terdapat kerusakan pada bagian kabin sebelum Anda menggunakan untuk berkendara, Anda bisa mengajukan komplain lewat bukti berupa video tersebut.

4. Cek Semua Fitur

Ada baiknya Anda juga perlu memperhatikan semua indicator di meter cluster apakah ada yang menyala terus menerus. Pastikan Anda juga memeriksa dan mengaktifkan lampu utama, foglamp, sampai  lampu sein. Jika terdapat fitur yang tidak berfungsi semestinya, Anda berhak tanyakan hal tersebut kepada pihak pengirim.

5. Cek Kelengkapan Toolkit dan Ban Cadangan

Pastikan ban cadangan dalam kondisi benar-benar belum pernah digunakan. Lalu, pastikan juga adanya toolkit berupa kunci roda, dongkrak, segitiga pengaman, dan lainnya. Jika hal ini tidak Anda periksa terlebih dahulu, nantinya ketika dibutuhkan bisa terjadi masalah.

6. Dokumen Harus Lengkap

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan yaitu memastikan setuap dokumen kendaraan apakah sudah lengkap dan benar. Mulai dari kelengkapan buku manual, buku servis berkala, STNK, serta BPKB.

Anda juga perlu mengecek kesesuaian antara nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di STNK dan BPKB dengan kondisi mobil. Pastikan juga nama serta alamat Anda sudah tercetak dengan sesuai tanpa adanya salah ketik.

Setelah melakukan pengecekan terhadap mobil baru seperti diatas, kamu bisa langsung menggunakannya. Dapatkan penawaran khusus untuk pembelian unit baru secara kredit bunga mulai dari 0% dan DP 15% hanya di SEVA